Segera Hindari Beberapa Penyebab Kanker Darah Berikut Ini!

Sebelum mengetahui gejala yang dialami saat terjangkit kanker darah, alangkah baiknya jika kita mengetahui penyebab yang dapat memicu penyakit kanker darah ini. Setelah mengetahui penyebab kanker darah ini, segera hindari penyebab kanker ini dan segera mulailah hidup sehat. Mencegah adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebab penyakit kanker ini. Penyebab kanker darah ini bisa bermacam-macam, tergantung jenis kanker darah yang diderita. Akan tetapi, kita bisa mewaspadai penyebab kanker darah secara umum. Oleh karena itu, risiko meninggal yang dialami ibu negara kita Ani Yudhoyono jangan sampai terjadi kepada kita juga. Cukup jadi pelajaran bagi kita untuk menjaga hidup sehat dari penyakit kanker. Maka, mulai hidup sehat dengan gaya hidup sehat agar kita semua terbebas dari kanker yang mematikan. Oleh karena itulah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas penyebab dari penyakit kanker ini agar kita semua menghindari berbagai faktor yang menjadi penyebab kanker ini. Berikut adalah penyebab kanker darah.

https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1570433652/attached_image/kanker-darah-alodokter.jpg

Sumber : alodokter.com

Penyebab kanker darah menurut hellosehat.com adalah pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali didalam sel darah. Normalnya sel-sel darah melakukan pembelahan dan pertumbuhan secara teratur. Akan tetapi berbeda dengan sel darah penyebab kanker. Sel-sel darah penyebab kanker tidak mati secara otomatis. Ia akan menyebar ke daerah lain dan menghambat sel-sel normal menjalankan fungsinya. Selain itu, para ahli menduga bahwa perubahan yang terjadi pada DNA dapat menyebabkan sel-sel darah yang sehat menjadi kanker.

Selain itu, dilansir dari alodokter.com, penyebab kanker pada darah dibedakan tergantung jenis kanker darah yang diderita. Diantaranya adalah :

  1. Leukimia

Penyebab leukimia adalah apabila sel-sel yang berada di sumsum tulang tidak berkembang secara normal. Berbeda dengan sel darah putih normal yang dapat mati. Sel leukimia hidup terus menerus, tetapi tidak membantu tubuh melawan infeksi. Bahkan sel leukimia malah menyerang sel-sel darah lain. 

Apabila jumlah sel leukimia ini semakin banyak, sel ini akan masuk ke aliran darah dan menyebar ke organ lainnya. Sel-sel leukimia ini akan menyerang dan menghalangi sel-sel normal dalam menjalankan fungsinya.

  1. Limfoma

Limfoma adalah kanker yang menyerang limfosit. Limfosit adalah sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi dan juga membuang zat sisa metabolisme dalam tubuh.

Pada penyakit limfoma, limfosit mengalami perubahan dan tumbuh tidak terkendali. Jika limfosit terserang sel kanker, sistem kekebalan tubuh akan menurun. Sehingga rentan terkena infeksi.

  1. Multiple Myeloma

Multiple myeloma merupakan jenis kanker darah yang menyerang plasmosit. Plasmosit adalah bagian dari sel darah putih yang bertugas memproduksi antibodi yang berguna untuk mengatasi infeksi.

Multiple myeloma terjadi apabila sel plasma yang tidak normal muncul pada sumsum tulang dan juga berkembang dengan cepat. Sel plasma yang tidak normal ini terus menerus memproduksi yang menyebabkan kerusakan pada organ tubuh ginjal dan tulang.

Demikianlah penyebab-penyebab yang menjadi pemicu kanker darah baik secara umum maupun penyebab-penyebab kanker sesuai dengan jenis kanker yang diderita. Maka jika tidak ingin terserang penyakit kanker darah ini, hendaknya hindari penyebab-penyebab yang menjadi pemicu timbulnya kanker darah ini. Penting untuk mempelajari faktor-faktor pemicu dan penyebab kanker agar kita berusaha menghindari faktor tersebut sebelum penyakit kanker muncul.

Selain itu, pelajari cara mencegah kanker darah agar kita terhindar dari penyakit kanker ini. Hindari penyebab penyakit kanker darah leukimia, limfoma, dan myeloma, serta jaga hidup sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>